September 04, 2011

Pengalaman Ngeblog Dengan Dotclear

Dotclear merupakan blogging system yang populer bagi negara yang menggunakan bahasa prancis sebagai bahasa resmi mereka, teman saya baru mencobanya di salah satu domain miliknya dengan menggunaka CMS dotclear ini. Katanya sh biasa-biasa saja. :)

Di Indonesia sendiri masih sedikit yang menggunakan blogging system satu ini, terbukti jika saya cari di mesin pencari tidak banyak yang saya temukan. Untuk tutorial ngeblog menggunakan dotclear saja bahasa yang digunakan adalah bahasa prancis, jadi sulit untuk mencerna apa yang di sampaikan dan sulit menggali lebih dalam bagaimana untuk memulai atau belajar ngeblog dengan cms dotclear.

Yang menarik dari dotclear adalah instalasi file yang tidak banyak memakan space hosting karena ukurannya hanya 4,48mb. Untuk login di dashboar dan posting sebuah tulisan terasa ringan di buka di bandingkan wordpress yang terasa agak berat. Yang menarik lagi permalink dotclear bisa kita ubah-ubah saat menyusun draft sebuah tulisan misalnya www.namadomain.com/post/oke_saya_bisa, www.namadomain.com/post/oke-saya_bisa,www.namadomain.com/post/Oke-Saya-Bisa. Nah yang jadi permasalahan apakah permalink yang berbeda-beda dalam sau blog apakah ramah terhadap mesin pencari?

Untuk mesin pencari google terasa lambat meng-crawl di bandingkan dengan yahoo jika permalink yang kita buat berubah-ubah dalam satu blog. Salah satu tulisan dalam blog abrizal yang berbeda susunan permalinknya sekarang ini masih deindeks tapi tidak dengan yahoo yang telah berhasil mengindeks tulisan tersebut.

Jadi menurut saya ngeblog dengan dotclear cocok buat kita yang lagi hemat space saja utk SEO kurang bagus. Untuk SEO saya sarankan gunakan saja blogspot atau wordpress karena lebih cepat di indeks oleh mesin pencari.