Juli 24, 2011

Sejarah Huawei

Sejarah Huawei awalnya perusahaan agen penjual switch PBX (private branch exchange) untuk sebuah perusahaan komunikasi di Hongkong. Pada Tahun 2000, huawei perusahaan vendor teknologi asal cina ini didirikan oleh  bekas perwira Tentara pembebasan Rakyat Ren Zhengfei pada tahun 1988.

Kedudukan perusahaan ini berada di kota Shenzhen, kota kedua terbesar di Provinsi Guang Ðong, setelah Guang Zhou. Ada 30 ribu karyawan bekerja di sana. Mereka tidak hanya warga negara China, tapi juga mancanegara. Ada orang Amerika, India, dan dari berbagai negara di Eropa. Mereka menyebut kantor pusat ini sebagai “kampus” karena di sinilah tempat orang belajar, meneliti, mengembangkan, dan menjual berbagai produk teknologi komunikasi informasi.

Pada Tahun 2000, Huawei memperkerjakan tak lebih dari 20.000 pegawai di seluruh dunia. kini dalam 10 tahun terakhir jumlah pegawainya naik 500 persen berjumlah 95.000 orang. Pada tahun 2000 pendapatan Huawei baru 100 juta dollar Amerika. Pada akhir 2009 pendapatannya melesat mencapai 21,8 miliar dollar Amerika dan ditargetkan meningkat 20 persen pada tahun 2010.

sejak masuk pertama kali di Indonesia tahun 2000, Huawei telah berhasil menduduki posisi tiga teratas dalam penyediaan telekomunikasi untuk para operator utama di Indonesia. Produk Huawei yang telah diaplikasikan di negeri ini antara lain GSM, UMTS, CDMA, WiMax, transmisi, datacom, fixes accses network, broadband accses network, core network, aplication & software, ataupun pengguna terminal.