Juli 26, 2011

Tips Memilih Nama Domain

Memilih Nama domain untuk memulai bisnis di harapkan jangan asal pilih saja, ada beberapa kriteria yang harus kita pertimbangkan. Walau saat ini mencari nama domain yang bagus dan mudah di hafal sangatlah sulit karena kebanyakan nama domain yang bagus dan cantik sudah banyak yang di beli atau digunakan oleh webmaster lainnya.

Untuk memilih nama domain sebisa mungkin haruslah sesuai dengan keyword yang anda bidik pada bisnis anda, agar anda mudah untuk mengoptimalkan web atau blog pada mesin pencari atau biasanya di sebut SEO. Jika anda memilih nama domain asal-asalan saya rasa anda akan sulit untuk mengoptimalkan, apalagi jika anda memilih berhenti untuk tidak lagi menulis, apakah nama domain yang buruk atau jelek bakal di beli orang jika anda berniat untuk menjualnya? Jika ada yang mau membeli nama domain yang tidak bagus itupun saya jamin dengan harga yang murah.

Saran dari saya dalam hal pembelian Nama Domain adalah:
  1. Belilah domain yang hurufnya sedikit, mudah diingat, mudah diketik dan mudah di sebutkan.
  2. Di sarankan hindari memakai nama domain yang memakai tanda hubung (dashes atau hyphens).
  3. Jangan menggunakan nama yang sudah dipatenkan oleh perusahaan ternama untuk menghindari anda dari jeratan hukum, karena banyak kasus sampai ke ranah hukum karena membeli nama domain yang sudah dipatenkan walau belum pernah di register di penyedia layanan penjualan domain.
  4. Disaran membeli TLD (top Level Domain) lainnya untuk menjaga branding domain utama agar tidak menjadi saingan anda nantinya, misalnya web utama memakai domain saya.com disaran membeli TLD yang lain seperti saya.net, saya.info, saya.org dan lain sebagainya.
Untuk keterangan point nomor 2 (dua) adalah jika nama domain memakai tanda penghubung akan menyulitkan dalam penyebutan nama domain.